Kaum Minoritas di Tengah Hiruk Pikuk Kota Gigapolitan

Salam Backpacker, salam ransel, salam buat semuanya ^^....

Gak berasa yah udah sebulan yang lalu trip gue ke Negeri Sakura a.k.a Jepang (padahal pas kesana gak tau bunga sakura yang mana soalnya pohon disana hijo semua, udah ketinggalan musimnnya sih #kecewa mode on), gak tau kenapa masih aja berbekas sampe sekarang udah kaya bekas luka bakar yang ilangnya lama banget...hehehe. Ok kali ini ditengah kesibukan gw nyusun Tugas Akhir yang datelinenya sebentar lagi tapi tetep aja masih nyantai, soalnya klo TA itu buat gue ibarat kita tuh lagi lomba lari maraton yang menjelang garis finish baru dipercepat larinya dan kemungkinan beresiko jatoh juga klo banyak batu sandungannya, yang pastinya udah biasa dikejar dateline baru bekerja nih otak gue, tapi jangan ditiru lho kebiasan buruk gue ini (kok jadi curhat TA gw yah? ya sudah lupakan!!!)...back to main topic yang kali ini gw mau cerita pengalaman selanjutnya trip ngegembel gue di Jepang mumpung belum dingin momennya dan takut amnesia detail kegiatan gue disana. 

Jum'at, 17 Mei 2013. Di hari ke-3  gue menginjakan kaki di negeri samurai ini tujuan berikutnya adalah Ibu Kota Jepang yaitu Tokyo, pagi hari sekitar pukul 8 gue sama temen-temen gue sampe di depan St.Tokyo yang  sebelumnya gw habiskan malem untuk tidur di bus malam express setelah menempuh perjalanan jauh selama 8jam dari Kyoto (gak sepenuhnya tidur juga sih, kenapa?? soalnya jarak antar kursinya gak cukup leluasa buat kaki gw yang cukup panjang ini sehingga harus bergonta ganti gaya dan posisi udah kaya foto model proamatir aja, udah dapet posisi wuenak baru bisa tidur, maklum pilih kursi termurah alias standar2 aja) walau masih 1/2 watt tetap gue paksain mata gue ini buat beranjak dari kursi dan bergegas ambil tas ransel gue yang gue taro paling belakang (bukan bagasi, tapi belakang kursi sebelah pintu keluar darurat yah...sekali lagi jangan ditiru). Langsung kami bergegas menuju stasiun Asakusa untuk check in hostel sekalian taruh tas. Dengan langkah dipercepat biar gak ditabrak sama orang Jepang yang pada mau berangkat kerja mungkin 1 detik 2 langkah buat mereka, ya pasti pada tau kan budaya orang Jepang apalagi yang tinggal di Ibu Kota seperti Tokyo yang merasa gak rela kalo waktu mereka dihabiskan buat terlambat dan menunggu sehingga mengurangi produktivitas mereka untuk membuat negaranya semakin maju berbanding 181 derajat dengan negara kita tercinta....sambil tanya diri sendiri :( 


Lt.1 kursi relax dan Lt.2 kursi standar 



Depan St.Tokyo

Hiruk Pikuk Gigapolitan

Dari Stasiun Tokyo kami naik subway Marunouchi Line dengan tiket seharga "lupa" bisa liat di Hyperdia turun di stasiun Ginza lanjut lagi naik Ginza Line dengan tujuan akhir stasiun Asakusa. Sesampainya kami disuguhi landmark  kota Tokyo yang baru yaitu Tokyo Sky Tree (baru diresmikan 2012 kemaren) dan terdapat bangunan yang diatasnya terdapat icon yang menurut gue iconic dan unik yang ternyata adalah icon untuk beer/minuman didaerah Asakusa. Untungnya petunjuk untuk sampai ke hostel dijelasin cukup panjang kali lebar = jelas oleh pihak hostelnya, jelas banget mulai dari harus keluar lewat pintu stasiun nomer berapa (asal tau aja di Stasiun Shibuya pintu keluarnya sampe 32 nomor lebih, salah pilih nomor pintu keluar udah pasti nyasar...kaya gue hehehe), harus lewat jembatan warna apa, belok disebelah gedung apa dijelasin semua di websitenya sehingga kami gak perlu nyasar2 lagi seperti cari hostel di Kyoto sebelumnya. Sampe di hostel "Khaosan Tokyo Annex Hostel" jelas terlihat dari plang hostelnya berwarna merah, langsung kami check in dengan membayar kekurangan booking sebesar ¥ 3600/orang untuk 2 malam, kami pun langsung dilayani oleh managernya (baru tau pas baca brosur group hostel Annex klo yang tadi ngelayanin ternyata eh ternyata seorang manager). Untuk check in berada satu ruangan dengan ruang tamu dan beberapa komputer yang memiliki koneksi super ngebut dan boleh dipakai sepuasnya alias gratis (norak banget kayaknya gue pas liat koneksinya diatas 80Mbps pas iseng2 gw tes di speedtest.net, kapan di Indonesia bisa kayak gitu ya?...nunggu 10 tahun lagi mungkin ^^). Di ruang tamu juga ada beberapa bule yang lagi ngobrol dan tidur (gak tau abis ngeronda dimana tuh bule) ada juga backpacker dari Malaysia yang mau check in juga (jauh-jauh ketemu negara tetangga juga...sempit amat ya...hahaha). Kami check in cuma belum bisa dikasih kunci kamar soalnya waktu check in jam 3 sore baru bisa dikasih kunci kamar, intinya sih bukan kunci kamar buat kami yang terpenting tas ransel yang dari tadi minta digendong bisa dititip biar eksplorasinya lebih leluasa dan hemat uang juga daripada dititip di loker coin...#insting jalan-jalan ngegembel keluar... hehehe. Lanjut isi perut dengan se'cup pop mie yang jauh-jauh gue bawa dari Jakarta....hahaha ngirit banget yak?? Emang hohohoh.











Berhubung mau lanjut eksplorasi udah tanggung siang sekitar jam 11 dan yang bertepatan dengan hari Jum'at yang pasti gue sebagai seorang Muslim harus Sholat Jum'at (sebelumnya udah diwanti-wanti sama nyokap gue sebelum berangkat supaya jangan ninggalin Sholat walau nun jauh disana, alhasil terkadang sholat gue bolong2 dan banyak di jamak "Maafkan dosa-dosa hamba-Mu ini ya Allah....amien #merasa berdosa banget T_T;) untuk Sholat Jum'at kali ini gak gue tinggalin walaupun setan sempet berbisik untuk menyuruh meninggalkan...masih aja ngikutin gue nih setan udah jauh-jauh ke Jepang kenapa gak jalan2 kemana gitu jangan ngikutin gue terus dong...huft. Sekitar jam 12 kurang gue dan temen gue keluar hostel untuk cari Masjid terdekat. Untungnya  gratis roaming paket internet XL gue masih dan merupakan hari terakhir (udah hampir 3 hari dipake) yang gue manfaatin pake google map buat nganter ke Masjid. Klo dilihat dari handphone sih jarak antara masjid dan hostel gak terlalu jauh hanya beberapa blok dan sekitar 15 menitan dengan berjalan kaki, walhasil setelah berjalan selama 30 menit gak sampe juga dan jaraknnya juga  lumayan jauh juga sih....emang bikinan manusia gak ada yang sempurna. Gak lama sampailah kita di sebuah bangunan bertingkat empat berwarna hijau atapnya dengan lebar sekitar 6-7 meter dan panjanganya gak sempet ngukur...ngapain jauh-jauh bawa meteran? hehehe. Bangunan tersebut klo gak salah sih sebuah Islamic Centre di Asakusa  dominan didatengin oleh orang Asia Selatan dan Asia Tenggara termaksud Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim. Ruang untuk Sholat ternyata berada di lantai atas (lantai 4) sesampainya disana ruangan sunyi senyap, ya iyalah wong gak ada kehidupan sama sekali di ruangan tersebut alias gak ada orang, gue pikir sih Sholat Jum'at nya udah selesai. Eh pas gue mau turun ke bawah gue berpapasan sama orang yang dari postur dan tampangnya dari Asia Selatan, klo menurut gue sih dari Pakistan, gue langsung tanya ke dia, apa dia mau Sholat Jum'at juga?? Eh bener ternyata dia mau Sholat Jum'at dan ternyata waktu Sholat Jum'at di Jepang sekitar jam 1 siang berbeda dengan di Indonesia. Langsung gue ambil air wudhu di lantai 3 dan pake sarung biru gue yang gue bawa didalem tas kecil. Si orang Pakistan itu azan dengan logat asing yang gak biasa gue denger di Indonesia dan klo azan di Jepang yang pasti gak pake pengeras suara atau TOA yang biasa dipake di negara kita. Jadi yang denger ya gue doang, secara cuma kita berdua doang. Menjelang pukul satu siang "beberapa" orang dateng, gue pikir ruangan yang cukup besar ini yang bisa menampung sekitar 50 orang bakal penuh dengan jamaah yang mau Sholat Jum'at tapi diluar dugaan gue. Mendekati pukul satu teng jamaah yang dateng masih bisa gue itung pake jari tangan, jadi sekitar 9 orang yang Sholat Jum'at plus Khotib yang khotbah Jum'at yang juga orang Indonesia, lupa gue namanya siapa. Khotib pun memberikan khotbah Jum'at dengan bahasa Inggris sekaligus menjadi imam dan sekitar 30 menit Sholat Jum'at pun selesai. Menurut gue luar biasa banget bisa jauh-jauh Sholat Jum'at di Jepang, dari pengalaman gue tadi gue bisa ngerasain bagaimana sih tinggal dan hidup menjadi kaum minoritas, yang biasa klo di Indonesia gue mau Sholat cari Masjid gak susah dan gak harus jalan jauh dan jamaahnya juga banyak yang gak bakalan bisa gue itungin pake jari tangan plus jari kaki. Jadi gue juga bisa ngerasain dan menghargai kaum minoritas di sekitar gw nanti pas balik lagi ke Indonesia, bagaimana mereka harus beribadah sesuai dengan kayakinan mereka sama halnya pas gue rasain ketika menjadi kaum minoritas di Jepang.


Selepas Sholat Jum'at gue dan temen langsung cari yang namanya Kuil Sensoji yang sudah gue agendakan ketika sampai di Tokyo untuk liat Sanja Matsuri Festival (17 s/d 19 Mei) sebenernya sih mau liat pawai atau arak-arakan sambil teriak-teriak gitu...tapi kayaknya gue salah agenda, klo untuk pawai dan arak-arakan adanya pas penutupan sekitar tanggal 19 Mei. Berhubung udah dateng ya kami manfaatkan buat muter-muter disekitar kuil yang memang suasananya sangat ramai sekali dengan pengunjung baik lokal maupun turis asing. Banyak penjual makanan dan pernak-pernik berbau Jepang panjang berbaris dari ujung ke ujung penuh padat dengan pengunjung. Kami pun sempat mencicipi makanan yang dijajakan penduduk lokal, mau cari yang halal agak susah membedakkannya. Alhasil makanan yang gue pilih yang gak berbau unsur B2/Babi walaupun gue gak tau bagaimana dan dengan apa mereka mengolah makanan tersebut, yaudah berhubung naga di perut gue udah pada demo gue pilih Takoyaki seharga ¥500 berisi enam buah dan sebotol minuman dingin yang gue beli di vending mesin seharga ¥150 (tiga kali lipat harga di Jakarta minuman sekelas pocari sweat) dan pulangnnya beli cumi bakar seharga ¥500. Selepas muter-muter dan foto-foto akhirnya gue dan temen2 balik ke hostel buat mandi dan lanjut buat JJS (jalan2 santai) keliling Asakusa nanti malem. Niat malam nanti adalah mendatangi landmark Tokyo yang baru tiada lain Tokyo Sky Tree.
Area Kuil


Tangkap Ikan Mas di Festival Sanja Matsuri

Pengunjung Festival Sanja Matsuri


Cumi Bakar
Takoyaki








Sehabis magrib gue berangkat sendirian, kenapa sendiri?? Karena temen2 gue pada gak mau naik ke Tokyo Sky Tree. Yah dalam hati gue udah jalan jauh2 ke Jepang masa gak naik, ya walaupun tiket buat naiknya agak lumayan mahal sih sebesar ¥2000 hanya sampai ketinggian 350 meter dan klo mau lanjut lagi tambah 100 meter jadi 450 meter harus bayar lagi sebesar ¥1000, ya klo gue sih cukup naik sampe 350 meter aja yang penting udah ngerasain atsmosfernya naik tower tertinggi di Kota Tokyo, hahai. Lokasi Tokyo Sky Tree dari hostel lumayan cukup jauh walaupun keliataanya klo dilihat Towernya sendiri cukup deket (mungkin saking tingginya kali yah...?). Dalam JJS kali ini langkah gue berada di level medium (kadang cepet, kadang lambat, kadang berenti sebentar buat foto2 view Tokyo Sky Tree) akhirnya jarak sekitar 1,5 Kilo pun sampe gue tempuh di tengah cuaca dingin Kota Tokyo pantesan jalan lengang. Langsung deh gue ke pusat informasinya buat tanya ke petugasnnya bagaimana cara naik ke atas tower yang tinggi ntu, gak mungkin kan gue kaya film kingkong harus manjat tuh tower sambil ditembakin pesawat tempur atau kaya manusia laba-laba asal Perancis yang suka manjatin gedung2 tinggi tanpa alat pengaman "sungguh tidak safety" ilmu safety gue keluar nih...hahah. Setelah tanya sana sini ke dua petugas, akhirnya gue tiba di antrian tiket yang lumayan panjang (dalam benak gue: apa gak bakal miring nih tower karena banyak yg naik ??? parno gituh) kebanyakan didatengin orang Jepang yang kayaknya baru pertama kali naik juga keliatan sih dari ekspresinya dan dialognya ke orang disebelahnya yang terkesan wah banget baru pertama kali naik nih tower. Gue aja yang jauh-jauh dari Indonesia biasa aja, dengan ekspresi yang datar2 aja gak kaya yang lain, lagian gue mau ngobrol sama siapa lah wong gue sendirian dah kaya anak ilang gara2 temen gue lebih memilih foto2 dari bawah tower aja. Gak lama antri sekitar lima counter tiket dibuka jadi bikin gak lama ngantrinya, tiket dan brosur pun dah ditangan, beberapa petugas mengarahkan untuk naik lift yang katanya super duber fast torward to the peak. Ada bebeerapa lift yang digunakan dengan kapasitas sekitar 20 orang, gue antri lagi buat naik tuh lift, gak lama lift yang tadi naik udeh turun lagi. Gue pun naik lift dengan antrian yang semuanya orang Jepang, bener2 ngerasa kaya orang ilang nih gue sampai2 penjual tiketnya tadi gak percaya klo gue dateng sendirian sampe tanya2 grupnya mana?? emang disangka kepisah dari rombongan tour kayaknya...huft. Lift yang gue naikin pun melaju dengan cepatnya, gue liat sih di ketinggian 200 meter tuh lift nunjukin kecepatan 600 m/menit terpampang di monitor (agak sedikit pamer juga nih lift tower), tapi emang teknologinya udah canggih kali yah, sampe gak berasa klo gue lagi naik keatas dengan kecepatan yang begitu cepet. Gak sampe semenit gue udah berada di ketinggian 350 meter aja...dan eng ieng pintu lift pun terbuka, dan pemandangan malam kota Tokyo yang begitu gemerlap dengan lampu jalan, gedung dan rumah penduduk pun menyambut kedatangan gue. Alhasil gue mulai foto2 tuh pemandangan walau hasilnya gak jelas cuma bintik-binting cahaya aja, maklum aja bukan dan gak biasa moto apalagi pake kamera digital sekedarnya aja, jadi biar pemandangannya bagus hasilnya belum tentu bagus, "kesalahan bukan pada pemandangannya tapi pada orangnya" sambil ngelus2 dada sambil kepengen belajar cara jeprat jepret yang baik dan benar...hehehe kali aja ada yang mau ngajarin kan #ngarep banget :(. Seusai puas muter2 sambil foto2 bintik cahaya dan gak lupa buat minta tolong orang Jepang buat motoin gue dengan view pemandangan malem Kota Tokyo (untung yang ngambil gambar pinter jadi hasilnya lumayan bagus, Thanks God kirim orang yang bisa potoin gue dengan hasil lumayan bagus...hehehe. Gue pun turun pake lift lagi, gila aja kali klo untuk turunnya disuruh pake anak tangga yang jumlahnya gak tau sampe berapa anak tangga mungkin bisa sampe cucu tangga karena saking banyaknnya anak tuh tangga sampai terjadi perkawinan silang antara anak tangga dari tiap lantai...heheh mulai gak jelas nih. Oke kembali fokus!!









Sesampainya dibawah penyakit gue pun mulai kambuh yaitu "NYASAR" damn ,oh my ghost gue salah jalan....jalan berangkat dan pulang ternyata beda, jadi klo gue boleh kasih saran buat yang suka plesiran di tempat yang asing klo bisa loe pada jalan antara pulang dan berangkat harus sama biar gak nyasar kaya gue. Alhasil gue mencoba tracking jalan gue sebelumnya yang gue lewatin pas berangkat dari pada gue go ahead salah jalan dan waktu pun semakin larut malam dan gue beresiko dikunciin pas pulang ke hostel, jadi gue pilih jalan aman buat balik ke jalan yang gue datengin sebelumnya. Setelah wara wiri akhirnya ketemu sebuah jalan kebenaran bukan kesesatan...bhuwahahaha. Langsung deh gue dengan langkah seribu ninggalin tuh Tokyo Sky Tree yang menurut gue gak ada mirip2 sama pohon sesuai namanya...hehehe. Di tengah jalan menuju hostel naga-naga diperut gue udah demo lagi (mungkin sambil bakar ban dan meneriakan spanduk "beri kami makan" udah kaya demo kenaikan BBM aja) tapi kayaknya demo kali ini karena mereka belum dikasih makan plus kedinginan karena udara diluar emang bener2 dingin padahal gak ada salju, apalagi ada salju ya?? yang ada pada mati membeku kali...langsung deh ke 7/11 yang ada dipinggir jalan, seperti biasa gue cari makanan yang gak ada B2'nya dengan tanya setiap makanan yang berbau daging ke kasir. Yang akhirnya gue pilih aja tuh nasi goreng siap saji plus air minum sebotol dengan total ¥425 dan diangetin dulu tuh nasi gorengnya sama petugas kasirnya ke dalam microwave. Niatnya mau makan di hostel, tapi takut nasi gorengnya keburu membeku karena udara dingin jadi gue putuskan untuk makan di taman kota aja, bagus deh pemandangannya plus view Tokyo SkyTree yang menjulang tinggi penuh warna warni jadi gak berasa klo udara emang lagi dingin. Langsung deh gue kembali jalan lagi menuju hostel dengan gak lupa buang sampah bekas makan tadi ke tong sampah, masa udah bertamu di negeri orang harus ngotor-ngotorin juga, kan malu. Sesampainya di hostel sebelum tidur gue nyatetin dulu pengeluaran harian gue buat apa aja dan abis berapa aja, cuci tangan, cuci kaki dan gosok gigi terus tidur deh yang sebelumnya gue sempetin buat download2 aplikasi pake wifi di hostel sebelum tidur sampe tidur kemaleman...hahaha demi modus gratisan.

Udah dulu ya cerita gue di Tokyo...besok-besok lanjut lagi, jadi keep reading blog gue hehehe...ada pengalaman2 seru yang lain lho. 

Salam Ransel no Koper :)


Quotes

"Dunia itu ibarat sebuah buku, untuk membacanya lebih dalam dan paham maka telusurilah dan temukan hal-hal unik didalamnya"

10 comments:

  1. Seru bgt kayaknya, jadi pengen juga deh

    ReplyDelete
  2. wah, kayanya takoyakinya enak tuh om, #ngileer.. haha... bagus bgt view dr Tokyo Sky Tree nyaa..

    ReplyDelete
  3. Iya Sis enak porsinya juga lumayan banyak itu aja sampe gak abis...hehehe

    emang bagus view dari Tokyo Sky Tree apalagi pas malem n kebetulan dari kejauhan ada hanabi/kembang api tambah poll viewnya...

    ReplyDelete
  4. Bro, nanya dong, untuk visanya sendiri kemaren ngurusnya sulit gak sih? emang mesti ada saldo yang besar ya di rekening?

    ReplyDelete
  5. Bro Nikki, untuk apply visa alhamdullah kemarin lancar gak sesulit kata orang2. Untuk jumlah minimal rekening harus disesuaikan dengan itenary kita disana.

    Liat postingan berikutnya aja mengenai urus Visa Jepang :)

    ReplyDelete
  6. Oh Iya klo ada yang mau itinnya...japri aja ya

    ReplyDelete
  7. Nanya dong, kalo mau liat Sakura, jd yg pas bulan apa? Trs kalo pulangnya lewat Nagoya - Chubu, ribet ga sih ke Chubu-nya?

    ReplyDelete
  8. Bagus pas musim semi dari bulan Maret s/d April...kurang tau kalau ke Chubu blm pernah soalnya :)

    ReplyDelete
  9. Keren bangetttttt
    Ga sabar pengen ngerasain juga.
    Moga dimudahkan visa ku Ya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...semoga tembus Mba Visa Jepangnya :)

      Delete