Tips Mengatur Budget Backpacker ke Jepang

"Osaka Castle"
Kastil Osaka
Jepang salah satu negara di Asia yang menjadi salah satu destinasi yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, karena pemandangan alam, budaya dan perkembangan teknologinya yang memikat. Ditambah banyaknya kartun 'anime' Jepang yang beredar di layar kaca dan banyaknya penyuka komik 'manga', sehingga banyak orang Indonesia tertarik berwisata ke negeri Sakura, termaksud saya.

Mungkin banyak yang bertanya, berapa sih biaya yang dihabiskan untuk berpergian ke Jepang? Harus nabung berapa lama? Terus kalau sudah sampai sana, mau nginep dan jalan-jalan naik transportasi apa, kan disana serba mahal?

Mungkin banyak yang bertanya demikian, termaksud kamu yang lagi baca postingan ini.    

Tapi tenang aja kok, asal ada niat, keinginan kamu untuk pergi ke Jepang pasti bisa terlaksana, tentunya dengan memutar otak selain mendapatkan beasiswa ke Jepang, ada cara lain dengan jalan mengurangi biaya perjalanan yang terkesan mahal karena Jepang merupakan salah satu negara maju dan terkenal akan biaya hidup yang serba mahal.
"Asakusa Icon and Tokyo Sky Tree"
View dari jembatan Asakusa
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran ketika pergi ke Jepang, salah satunya dengan cara backpacking atau berpergian secara mandiri, tanpa bantuan travel agen  tentunya. Dari membeli tiket pesawat hingga merencanakan liburan selama di Jepang seperti mode transportasi yang akan kamu gunakan, tempat menginap dan banyak destinasi menarik yang mungkin sudah menjadi pilihan kamu, semuanya direncakanan secara mandiri agar dapat menghemat biaya pengeluaran selama di Jepang.

Berikut beberapa cara menghemat budget backpacker ke Jepang yang dapat kamu lakukan:

Tiket Pesawat  
Kata siapa tiket pesawat ke Jepang mahal, banyak yang bilang sampai jutaan untuk sekali jalan, mungkin itu dulu. Sekarang ini, banyak sekali maskapai penerbangan 'low cost' yang menawarkan berbagai promosi, asalkan kamu rajin mencari tiket pesawat promo, seperti yang saya dapat dari AirAsia, kamu tidak perlu mengeluarkan budget hingga puluhan juta rupiah hanya untuk tiket pesawat saja. Tiket pesawat dengan rute : Jakarta - Kuala Lumpur - Osaka - Kuala Lumpur - Jakarta bisa kamu beli dibawah harga rata-rata, bahkan lebih murah dari penerbangan lokal dalam negeri. Dengan tiket pesawat promo seharga 2,2 juta rupiah untuk pulang pergi bisa kamu dapatkan dengan cara berburu tiket promo murah tentunya.  
"Tiket Promo Pesawat Murah ke Jepang Air Asia"
Dengan berburu tiket promo sebagai salah satu cara menghemat budget backpacker ke Jepang
Jejak terkait : 6 Tips Berburu Tiket Promo Pesawat Murah

Transportasi
Beragam jenis transportasi bisa menjadi pilihan kamu ketika berkunjung ke Jepang. Negara satu ini memang dikenal dengan banyaknya pilihan mode transportasinya, mulai dari yang paling umum seperti bus, kereta, taksi dan pilihan lain untuk berkeliling kota seperti sepeda pun ada, jadi kamu gak perlu bingung lagi jika jalan-jalan ke Jepang mau naik apa untuk ke destinasi pilihan kamu. 
"Kyoto Bus"
Bus, sebagai salah satu pilihan transportasi murah ketika berkeliling Kyoto
Untuk menghemat biaya transportasi selama di Jepang ada baiknya kamu melihat dari kota yang akan kamu kunjungi. Contohnya jika kamu berkunjung ke Kyoto, naik bus dengan Kyoto buss all day pass seharga 500 Yen akan lebih menghemat ketika kamu berkeliling kota seharian. Dan di Tokyo lebih pas jika kamu membeli Tokyo Metro one day pass untuk berkeliling kota Tokyo karena sebagian besar kota Tokyo sudah terhubungan dengan jaringan kereta metronya.

Jika kamu berpergian antar kota dengan jarak cukup jauh dan memakan waktu tempuh hingga berjam-jam, pilihan yang tepat adalah menggunakan bus malam seperti Willer Express Bus jika pilihan lain seperti kereta cepat yang harganya jauh lebih mahal. Disamping itu akan menghemat biaya menginap karena kamu akan menghabiskan malam di jalan.

Jadi untuk urusan transportasi, kamu dapat menggunakan bus dan kereta tergantung dari kota yang akan kamu kunjungi. Dengan total biaya untuk transportasi sendiri selama satu minggu sebesar 22.000 Yen / 2.2jt rupiah.
"Budget Transportasi di Jepang"
Budget Transportasi Satu Minggu di Jepang
Jejak terkait : Mencoba Kereta Cepat Shinkansen

Akomodasi
Bingung mau menginap dimana ketika berkunjung ke Jepang? Di Jepang menawarkan berbagai macam pilihan tempat untuk menginap, mulai dari yang gratis seperti di Bandara hingga hotel berbintang pun ada, lagi-lagi semua tergantung dari budget kamu. Jika mau lebih hemat, dan kamu tidak mau menginap di bandara atau tidak sanggup untuk membayar hotel berbintang yang ratenya bisa jutaan rupiah per malam atau hampir sama dengan harga tiket pesawat, kamu bisa memilih menginap di hostel ala backpacker dengan beragam pilihan jenis kamar. Ingin lebih berhemat lagi dalam memilih kamar? Maka yang harus kamu pesan adalah kamar tipe dormitory (satu kamar diisi oleh beberapa orang). 

Jejak terkait : Itinerary Satu Minggu di Jepang & Budget

Tiada salahnya kamu memilih kamar tipe dormitory, disamping akan lebih menghemat budget kamu dalam hal akomodasi, keuntungan lain adalah kamu bisa mendapat teman baru dari negara lain, juga dapat saling berbagi pengalaman ketika kamu berkunjung ke berbagai tempat yang pernah kamu datangi dan yang paling penting kamu dapat mempromosikan wisata Indonesia pada teman baru kamu.

Tips lain adalah untuk pemesanan kamar bisanya akan lebih murah harganya jika kamu memesan di jauh-jauh hari lewat internet dan menggunakan situs pemesanan online seperti www.agoda.com atau www.booking.com, karena biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah ketimbang kamu memesan on the spot, dan kamu dapat melihat review dari orang-orang yang pernah menginap sebelumnya di hotel yang akan kamu pilih, apakah fasilitas dan pelayanannya bagus atau tidak.
"Budget Acomodation Japan Trip"
Budget Akomodasi Satu Minggu di Jepang
Jejak terkait : 7 Tips Pintar Liburan ke Luar Negeri

Makan 
Untuk urusan perut, karena saya melakukan perjalanan backpacking secara 'syariah', maksudnya untuk urusan makanan saya memastikan apa yang disajikan tidak mengandung atau berbau yang haram seperti babi. Jadi sedikit bisa mengurangi biaya makan, karena bisanya membeli potongan ayam di mini market seperti sevel atau family mart. 

Tapi tidak ada salahnya jika kamu suka masakan Jepang seperti Sushi ada baiknya kamu dapat mencoba langsung di berbagai rumah makan yang menjual Sushi, jadi kamu bisa merasakan Sushi asli dari negara asalnya. 
"Fast Food in Japan"
Makanan saji, bisa kamu beli di mini market
"Japan Traditional Meals"
Makanan Tradisional Jepang
Untuk kisaran biaya per sekali makan berkisar dari 300 sampai 1000 Yen, tergantung dari jenis hidangan apa yang akan kamu makan. Jika kamu ingin lebih berhemat lagi, kamu dapat membawa makanan siap saji yang bisa kamu beli di mini market dan kamu panaskan atau masak di hotel tempat kamu menginap. 

Tiket Masuk Wisata
Beragam destinasi berbayar atau gratis bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Jepang. Destinasi berbayar seperti wahana permainan Fuji-Q Highland atau Osaka Universal Studio dapat kamu kunjungi, jika memang pusat permainan tersebut masuk dalam budget awal kamu. Jika tidak ada beberapa desatinasi yang tidak kalah menarik yang dapat kamu kunjungi secara gratis, seperti berbagai macam kuil dan daerah-daerah yang memiliki daya tarik tersendiri seperti wilayah Gion dengan Geishanya ataupun Harajuku dengan anak muda Jepang yang begitu fashionista. 
"Kiyomizu Temple - Kyoto"
Kuil Kiyomizu - Kyoto 
Beberapa destinasi wisata seperti di Osaka beberapa dapat kamu kunjungi gratis seperti Osaka Kastil, Tempozan Giant Wheel dan St. Marie Cruise jika kamu membeli Osaka Day Pass karena kamu akan mendapat tiket terusan untuk beberapa destinasi di Osaka. 

Jejak terkait : Main ke Harajuku, Mari Bergaya Alay!

4 comments:

  1. yang dimaksud tokyo metro pass itu pasmo card bukan ya?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda Mba bukan Pasmo card...kalau dulu saya langsung beli di vending mesin, pilih yg one day pass.

      Delete