9jt Umroh, Bisa Ga? Bisa Banget!!!


"Mas, kemarin umroh habis biaya berapa?" tanya seorang teman yang penasaran dengan harga umroh yang saya dapat, dengan total jauh lebih murah dari harga normal. Banyak sekali yang bertanya "kok bisa mas pergi Umroh dengan total budjet jauh dibawah biaya normal?", "Ya bisa" jawab saya singkat, sekedar informasi untuk biaya umroh harga normal berkisar 15jt s/d 30jt.

Sebagian besar teman-teman mungkin termaksud kamu yang sedang membaca blog ini beranggapan untuk melakukan ibadah umroh mengeluarkan uang banyak, harus menabung selama beberapa tahun agar dapat berkunjung ke Baitullah di Mekkah Almuqaromah, tapi tunggu dulu 'karena banyak jalan menuju Roma' pepatah bilang, banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir pengeluaran selama umroh.


Sebenarnya jika kita pandai mencari celah untuk umroh dapat dilakukan dengan biaya murah, bagaimana agar bisa pergi umroh dengan biaya seminimal mungkin tanpa mengurangi maksud dan tujuan beribadah selama disana, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar cita-cita kamu pergi ke Mekkah dapat terlaksana dengan segera tanpa perlu merogoh kocek dalam.


1. Tiket Murah

Yup, lagi, lagi dan lagi, salah satu cara untuk mendapatkan umroh dengan harga murah adalah dengan mendapatkan tiket promo murah yaitu ke Arab Saudi. Bisa dikatakan tiket pesawat merupakan salah satu penyumbang biaya terbesar untuk dapat pergi ke tanah suci, selain hotel, makan, dan transport. Jadi coba kamu bayangkan jika kamu berhasil mendapatkan tiket pesawat promo, maka otomatis biaya kamu untuk umroh dapat berkurang drastis.

Kota Jeddah sudah menjadi langganan bagi para jamaah umroh yang hendak berkunjung ke Mekkah dan Madinah, banyak maskapai yang menawarkan promo tiket murah dengan rute ke Jeddah. Untuk maskapai murah biasa membuka penerbangan dari Jakarta - Jeddah untuk pulang pergi berkisar mulai dari 8jt hingga 10jt tergantung dari maskapai yang digunakan. Beda lagi kalau kamu dapat harga tiket promo, harganya bisa setengah dari harga normal, kurang dari 2.5jt untuk pulang pergi dari Jakarta - Jeddah, murah bukan?


Jadi kalau ada temen yang share tiket murah ke Jeddah langsung beli aja kalau kamu benar-benar ingin pergi ke Mekkah.


Buat kamu yang belum terbiasa mencari tiket promo pesawat murah bisa baca tips berikut:

  1. 6 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah
  2. Rahasia Beli Tiket Pesawat Murah
Tiket Pesawat by MAS (Malaysia Airlines) PP MYR 400 (Rp. 1.3jt)

2. Pergi Berkelompok/Group

Meskipun beli tiket sendiri-sendiri tapi berangkat umroh tetap berkelompok
Ketika kita sudah berhasil mendapatkan tiket murah untuk umroh, mungkin ada yang masih bertanya, bagaimana cara mendapatkan visa kesana? pada tahap ini langkah selanjutnya adalah mencari teman satu kelompok/grup, dan pastikan tanggal keberangkatan yang sama, kenapa? Dibandingkan melakukan umroh sendiri alangkah baiknya jika dilakukan dengan berkelompok, karena dapat saling menghemat akomodasi selama disana mulai dari tempat menginap/hotel, transportasi hingga guide (mutoif) selama berada di tanah suci serta dapat menambah teman, syukur-syukur dapat teman hidup :) 

Selain lebih menghemat biaya ketika berada di tanah suci, umroh secara berkelompok juga dapat mempermudah pada saat mendapatkan visa umroh. Kedutaan besar Arab Saudi tidak dapat memberikan visa umroh secara bebas tanpa maksud dan tujuan yang jelas selama berada disana, pihak kedutaan lebih percaya kepada pihak travel yang sudah memiliki izin dan kerja sama dengan perusahaan di Arab Saudi. Sehingga potensi visa umroh kita ditolak sangat besar jika mengajukan seorang diri.


Baca juga: 4 Tips menyusun rencana perjalanan

Ketika sudah memiliki kelompok/grup umroh langkah selanjutnya adalah mengajukan visa umroh ke jasa travel yang sudah biasa mengajukan visa umroh ke keduataan Arab Saudi. Biasanya pihak travel membatasi jumlah minimal peserta untuk dapat mengajukan visa umroh. 


Selain visa, kerjasama dengan pihak travel dilakukan untuk menerbitkan LA (Land Arrangement), LA sendiri mencakup hotel, makan, transport dan mutoif selama kita berada di tanah suci. Biasanya biaya LA dan visa dijadikan satu paket karena visa sendiri membutuhkan jaminan berupa LA yang biasa diterbitkan oleh pihak travel yang sudah bekerja sama dengan pihak di Arab Saudi.


3. Suntik Meningitis

Salah satu syarat pembuatan visa KSA (King of Saudi Arabia) adalah suntik meningitis yang diwajibkan oleh pemerintah Arab Saudi. Para jamaah haji ataupun umroh wajib melakukan vaksinasi meningitis sekurang-kurangnya dua minggu sebelum keberangkatan. Tujuan dari vaksinasi tersebut adalah untuk melindungi jamaah haji dan umroh dari penyakit meningitis.  

Vaksinasi meningitis dapat dilakukan di seluruh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) seluruh Indonesia atau dapat juga dilakukan di asrama haji, setelah selesai vaksin kita akan diberikan kartu ICV (International Certificate of Vaccination) yang berwarna kuning sebagai salah satu syarat wajib memperoleh visa.
Pastikan beberapa syarat dibawah sudah kamu lengkapi sebelum melakukan vaksinasi, seperti://
  1. Fotocopy KTP (Nama sesaui dengan Paspor)
  2. Fotokopi paspor (1 lembar)
  3. Pas foto ukuran 4x6 (dua lembar)
  4. Mengisi formulir yang disediakan di KKP.
KKP sendiri beroperasi dari pukul 08.00 - 15.00, untuk menghindari antrian panjang usahan datang lebih pagi sekitar pukul 06.00 untuk mengambil nomor antrian, karena tidak jarang berbarengan dengan jamaan lain yang hendak suntik meningitis. Biaya suntik yang dibebankan sebesar Rp. 305.000,-. 

4. Manasik Umroh

Manasik Umroh
Beberapa minggu sebelum keberangkatan umroh, pastikan kamu sudah melakukan yang namanya manasik umroh, kenapa sih harus manasik? Ibarat kamu mau ujian, tapi kamu tidak tahu materi apa yang akan diujikan. Jadi manasik umroh itu berguna seperti gladi resik sebelum kamu siap beribadah ke tanah suci. Umumnya manasik dilakukan secara bersama-sama dengan lebih dari 20 orang peserta calon jamaah umroh. 

Baca juga: Cara asik menunggu di bandara Changi Singapura

Selama proses manasik kamu akan dibekali dengan ilmu pengetahuan seputar umroh, mulai latar belakang kenapa Allah menyuruh haji dan umroh hingga tata cara pelaksanaan umroh selama di tanah suci, mulai dari memakai kain ihram, tawaf hingga sai, semua akan dijelaskan dan dipraktekan secara langsung oleh pembimbing manasik.


5. Budget


Hasil gambar untuk budget

Jadi berapa sih biaya yang dikeluarkan untuk bisa sampai ke Tanah Suci tanpa merogoh kantong terlalu dalam? Berikut rincian biayanya:
  1. Tiket Pesawat Jakarta - Kuala Lumpur PP Rp.    700.000,-
  2. Tiket Pesawat Kuala Lumpur - Jeddah PP Rp. 1.400.000,-
  3. Perlengkapan Rp.    600.000,-
  4. Manasik Umroh Rp.    100.000,-
  5. LA (Land Arrangement, include VISA, Meal, Accommodation, etc) Rp. 6.300.000,-
  6. Hotel transit di Kuala Lumpur Rp.    150.000,-
  7. Suntik Meningitis & Vaksin Flu Rp.    305.000,-
  8. Total Rp. 9.555.000,-
*Biaya diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan belum termaksud biaya oleh-oleh.

Buat kamu yang sudah memiliki niat untuk umroh dapat dicoba umroh dengan cara 'Umroh Tiket Murah' dengan biaya seminimal mungkin dan pengalaman ibadah umroh yang didapat juga sama dengan umroh menggunakan jasa travel yang tergolong mahal bisa diatas 15jt, semoga Allah memberikan jalan untuk kamu yang hendak pergi ke tanah suci, aamiin.


Masjid Nabawi - Madinah

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Indraaa.....Nice tips & info
    Mau tanya dunk bagaimana caranya mencari teman satu kelompok/grup, dan pastikan tanggal keberangkatan yang sama? bisa di sharekah?
    Arigatou yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Oza, biasanya ada yang koordinir di facebook group setelah dapet tiket promonya...

      Delete