4 Tips Membuat Rencana Perjalanan 'Itinerary'

Mungkin banyak dari kamu yang bingung harus berbuat apa jika kamu sudah punya tiket pesawat murah/promo yang sudah kamu dapat dari hunting tiket promo setelah membaca salah satu artikel di blog ini, bener ga? 




Ada beberapa cara agar liburan kamu menjadi kenyataan setelah tiket ke destinasi impian kamu sudah di tangan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana perjalanan (itinerary). Dengan rencana perjalanan ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat, seperti:
1.  Mengetahui budget/biaya yang diperlukan selama perjalanan.
2.  Menentukan destinasi pilihan agar tidak ada yang terlewat.
3.  Manajemen waktu pada sebuah destinasi.
4.  Memilih mode transportasi selama perjalanan.
5.  Menentukan logistik apa yang akan kamu bawa, termaksud pakaian selama               perjalanan.

Berikut tujuh langkah mudah membuat rencana perjalanan agar perjalanan kamu benar-benar terplanning atau direncanakan secara matang sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


1. Tentukan Tujuan
Langkah awal yang harus dilakukan sebelum membuat rencana perjalanan adalah menentukan terlebih dahulu tujuan kamu, bener ga? Tanpa tujuan buat apa bikin rencana perjalanan. 

Pentingnya menentukan negara tujuan dikarenakan akan berpengaruh pada beberapa poin berikutnya seperti biaya, lama waktu perjalanan dll. Pilih tujuan yang ingin kamu datangi bisa sebuah negara, kota, dan tempat menarik lainnya yang sudah menjadi incaran kamu (termaksud rumah calon mertua).

Pilih tempat tujuan yang realistis dengan keadaan kamu, jika kondisi keuangan kamu cuma bisa pergi sampai Monumen Nasional (Monas) jangan kamu pilih destinasi tujuan ke luar negeri seperti Eropa yang merupakan salah satu destinasi impian banyak orang yang membutuhkan budget yang tidak sedikit. 


Pilih destinasi yang paling realistis dan mungkin bisa terjadi jika kamu menabung dalam beberapa bulan/tahun dan kamu yakin bisa sampai ke tempat tersebut.

2. Tentukan Biaya Kotor
Berbicara mengenai biaya merupakan salah satu persiapan penting yang benar-benar kamu harus persiapakan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Ketika sebuah destinasi sudah ditentukan maka setidaknya kamu bisa mengetahui gambaran kecil berapa biaya yang diperlukan (budget kotor). 

Biaya yang sudah diketahui sebelumnya dapat digunakan sebagai acuan kamu dalam menabung untuk memenuhi kebutuhan perjalanan nanti. Tentukan target biaya yang harus kamu capai sebagai dasar motivasi kamu dalam menabung, sehingga dapat kamu perinci kembali target menabung kamu dalam per hari.

Sebagai contoh, jika tujuan utama kamu ke Jepang, anggap saja kamu berada di Jepang selama satu minggu lamanya dengan estimamsi setiap satu hari kamu membutuhkan setidaknya satu juta rupiah (tiket wisata, makan dan transport) sehingga untuk tujuh hari di Jepang kamu membutuhkan tujuh juta rupiah.  

Nah tujuh juta ini adalah anggaran kotor yang harus kamu kumpulkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Anggap saja jika kamu akan berangkat satu tahun lagi (365 hari) maka dalam sehari kamu harus bisa menyisihkan uang jajan kamu sebanyak dua puluh ribu atau enam ratus ribu dalam sebulan.

3. Lama Perjalanan
Lamanya hari yang dibutuhkan untuk mencapai suatu destinasi pastinya berbeda, contoh jika kamu mau pergi ke dalam negeri dengan luar negeri pasti akan berbeda. Waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan dari masing-masing destinasi dalam satu Negara atau kota akan berbeda-beda. Pilih waktu yang tepat dan sesuai dengan ketersedian cuti kamu jika kamu masih menjadi seorang karyawan.

Ideal waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah perjalanan adalah tiga sampai empat hari untuk destinasi dalam negeri seperti Bromo dan Malang dan empat belas hari untuk destinasi jauh seperti Eropa.


Jadi segera tentukan berapa lama perjalanan dan masa cuti kamu jika tujuan utama kamu sudah kamu dapatkan. Lama perjalanan juga akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan seperti makan, tempat menginap dan transportasi, jadi pastikan sekali lagi lama berjalanan sesuai dengan budget kamu.

4. Banyak Destinasi
Pilih destinasi menarik yang ingin kamu junjungi ketika sesampainya di sebuah Negara. Pilih destinasi dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari destinasi utama kamu, contoh ketika saya berada di Bagan (Myanmar) yang merupakan destinasi utama di Myanmar maka pilih destinasi menarik lainnya yang masih bisa kamu kunjungi dalam hari yang sama di dekat kota tersebut.

Perlu kamu ingat kembali jika banyaknya destinasi akan berpengaruh pada waktu dan anggaran yang kamu miliki jadi tentukan dengan bijak berapa banyak destinasi yang kamu ingin datangi.

Jika kamu tipe orang yang tidak suka terburu-buru dan cenderung ingin lebih santai maka pilihlah dua atau tiga destinasi, agar kamu lebih menikmati perjalanan dan tempat yang kamu datangi.


Sebaliknya jika kamu tipe orang yang ingin melihat atau mengunjungi tanpa ingin mempelajari budaya dari tempat yang kamu datangi maka pilihlah beragam destinasi sesuai dengan kesanggupan fisik kamu.

Jadi tunggu apalagi, segera buat rencana perjalanan kamu!

Download lengkap contoh Itinerary Jepang disini

5 comments:

  1. aku juga selalu membuat iten kalau bepergian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba harus buat kalau gak mau repot di negara tujuan.

      Delete
  2. inspiratif dan informatif tulisannya...boleh dicoba ini, makasi ya mas

    ReplyDelete
  3. Iya, sama2 Mba, thanks udah baca

    ReplyDelete
  4. rencana kalau ga konsisten dan ga pasti buat apa :D

    ReplyDelete