Wisata Kuliner Peranakan di Semarang


Sudahkah kamu mengunjungi Kota Semarang? Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini kini semakin menarik sebagai destinasi wisata. Dengan percampuran budaya Jawa dan Cina menghadirkan wajah keragaman yang terlihat jelas dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan melihat orang-orang bermata sipit dan berkulit putih yang berbahasa Jawa. Sebagian memang warga keturunan asli, sebagian lagi merupakan percampuran dari orang Jawa asli dengan orang Cina.

Dalam hal tradisi dan budaya kamu bisa melihatnya pada perayaan Dugderan di mana terdapat warak endog sebagai sebuah simbol akulturasi budaya Cina, Arab dan Jawa. Akulturasi ini juga terlihat pada makanan khas yang menjadi ikon kota ini yaitu lumpia dan beberapa makanan lainnya yang bisa menjadi tujuan wisata kamu di kota ini.

Artikel terkait: 6 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Dengan perhatian dan dukungan pemerintah daerah, wisata Semarang semakin berkembang dengan makin banyaknya jumlah hotel dengan ragam fasilitas yang ditawarkan. Salah satunya adalah Quest Hotel Semarang yang berlokasi di Jl. Plampitan No. 37 – 39 dan hanya berjarak 6 km dari Bandara Ahmad Yani.

Dengan kemajuan teknologi, kini tersedia aplikasi pemesanan hotel atau tiket pesawat melalui komputer ataupun smartphone. Sehingga kamu bisa melakukan pemesanan hotel ini di Traveloka, sebuah online travel agent yang memiliki kredibilitas tinggi dan aman untuk digunakan.

Hotel ini berada dekat dengan objek wisata Semarang yang terkenal seperti Semarang Town Square, Pasar Semawis, Klenteng Tay Kak Sie maupun kawasan Simpang Lima Semarang di mana kamu dapat mengunjungi Tugu Muda, Lawang Sewu dan tentu saja pasar kuliner malam Simpang Lima.

Wisata kuliner yang merupakan akulturasi budaya Cina dan Jawa seperti sudah disebutkan di atas juga menarik untuk dilakukan di kota yang mempunyai ikon warak endog ini. Berikut beberapa ulasannya:

Artikel terkait: 8 Culture Shock Ketika di Eropa

Lumpia
Lumpia merupakan makanan asli Cina yang bernama asli Loen Pia. Kamu bisa mendapatkan cita rasa lumpia yang lezat di kawasan Pecinan tepatnya di Gang Lombok tepat di sebelah klenteng Tay Kak Sie.

Semula isi lumpia adalah daging babi dan rebung yang kemudian dimodifikasi menjadi daging ayam atau udang dan rebung sebagai ciri khas makanan ini. Dengan pengolahan daging ayam atau udang yang tidak amis, rasa rebung yang manis dipadukan kulit lumpia yang renyah, membuat makanan ini disukai oleh siapa saja.

Ada dua jenis lumpia yang dikenal di Semarang yaitu lumpia basah dan lumpia kering dengan saus tauco sebagai pelengkap. Lumpia Gang Lombok ini masih bertahan hingga di generasi kelima seperti sekarang ini dengan tetap mempertahankan cita rasa aslinya.

Credit:priyowibowo.web.id

Bakpao
Bakpao adalah makanan khas Cina yang terbuat dari tepung dengan isian daging babi sesuai dengan asal katanya, bak artinya daging dan pao artinya bungkusan. Namun di Semarang, makanan ini dimodifikasi sesuai kultur Jawa sehingga penggunaan daging babi maupun minyaknya tidak digunakan sama sekali dan diganti dengan isian seperti daging ayam, kacang hijau, kacang tanah maupun keju susu.

Artikel terkait: Rahasia Beli Tiket Pesawat Murah

Di Semarang kamu bisa mendapatkan bakpao lezat dengan merk bakpao Chik Yen yang merupakan produksi dari Surabaya. Beberapa outlet yang menjual bakpao ini ada di Jl. A. Yani, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Sultan Agung, Jl. Hasanuddin, Jl. Majapahit dan Jl. Setiabudi.


Photoright: jurnalwisata.id
Capcay
Siapa yang tidak kenal capcay? Sesuai dengan dialek Hokkian yang menjadi asal namanya, Capcay berarti aneka ragam sayur. Secara harfiah, capcay mempunyai makna sepuluh sayur. Walau demikian, kini jumlah sayuran di dalam capcay tidak mesti berjumlah sepuluh.

Nikmati capcay lezat di Kota Semarang yang terkenal yaitu Capcay Tukino yang berada di Jl. Majapahit dan Jl. Sriwijaya. Capcay di tempat ini sangat ramai sehingga terjadi antrian yang cukup panjang. Harga yang dibanderol cukup mahal namun rasanya tidak mengecewakan sesuai dengan porsinya yang besar.

Photoright: vitaanddherhobby.wordpress.com
Dengan renyah sayuran yang masih terasa karena dimasak tidak terlalu matang, dicampur dengan potongan bakso dan jamur membuat capcay memiliki kandungan gizi yang lengkap. Jadi sangat baik buat kamu yang ingin menikmati sayuran dengan citarasa rasa yang enak.

Selamat menikmati cita rasa kuliner Semarang yang selalu terkenang!

No comments:

Post a Comment