7 Tips Mengakali Jalan Murah ke Luar Negeri

Aktivitas berpergian/jalan-jalan ke suatu tempat baik dalam negeri ataupun luar negeri sangatlah identik dengan biaya yang cukup mahal, terutama tempat yang hendak dikunjungi adalah negara luar. Beragam pengeluaran mulai dari tiket pesawat, transportasi, dan akomodasi di negara tujuan harus siap kita keluarkan dan tentunya akan menguras isi tabungan dan dompet Anda. Akan tetapi dengan perencanaan yang cukup matang dan sudah direncanakan jauh hari sebelumnya segala bentuk pengeluaran dapat kita minimalisir tanpa harus menguras dalam isi tabungan dan dompet Anda. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda yang memiliki keinginan untuk berpergian ke luar negeri tetapi memiliki alokasi dana terbatas:

1.     Tentukan Tujuan
Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah tentukan tempat atau negara mana yang ingin anda datangi. Kenapa?? Karena setiap negara memiliki perbedaan seperti dari sisi geografis yang berpengaruh pada harga tiket pesawat, sebagai contoh apabila Anda ingin pergi ke negara Eropa akan berbeda harga tiket pesawat dengan negara Asia karena letak geografis Eropa yang cukup jauh dibandingkan dengan Asia. Ataupun dari segi ekonomi, biasanya semakin maju sebuah negara akan diimbangi dengan biaya hidup yang tinggi sebagai contoh apabila Anda akan pergi ke Australia dengan biaya hidup serba mahal sangatlah berbeda dengan Thailand yang memilki biaya hidup hampir sama dengan Indonesia. Jadi pastikan Anda sudah memiliki negara tujuan yang hendak Anda datangi dan mengetahui gambaran umum biaya yang diperlukan mulai dari tiket pesawat hingga akomodasi.

2.    No Travel Agent
Untuk lebih meringankan pengeluaran salah satu yang dapat dilakukan dengan mengatur dan membuat rencana perjalanan secara mandiri tanpa bantuan jasa perjalanan. Selain tindak membutuhkan biaya tambahan berpergian dengan rencana yang sudah diatur sendiri memberikan keleluasaan bagi Anda untuk berkunjung ke suatu tempat tanpa batasan waktu yang biasa dilakukan oleh jasa perjalanan. Perjalanan terasa menjadi lebih bebas dan lebih tertantang ketika Anda dihadapkan pada situasi seperti tersasar dan saling berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar.

3.    Susun Rencana Perjalanan
Setelah Anda mengetahui tujuan negara yang akan Anda datangi langkah selanjutnya adalah membuat itinerary/rencana perjalanan. Dalam itinerary semua biaya kasar yang akan dikeluarkan dapat diperkirakan. Setiap pengeluaran Anda bagi menjadi beberapa pos seperti transportasi, makan, tempat menginap dan biaya masuk objek wisata. Cari informasi sebanyak mungkin tempat yang akan anda tuju seperti bagaimana menuju kesana, mode transportasi apa yang dapat digunakan, berapa lama waktu yang dibutuhkan, standar biaya per sekali makan dll. Semua hal tersebut harus diketahui sebelumnya berguna untuk estimasi biaya pengeluaran Anda nanti.   

4.    Menabung
Dengan adanya selisih waktu yang cukup panjang sebelum hari keberangkatan, langkah yang harus Anda lakukan adalah menyisihkan uang untuk segala kebutuhan perjalanan Anda nanti. Tetapkan besarnya uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya, besar kecilnya tergantung dari estimasi awal pengeluaran di rencana perjalanan yang sudah Anda buat sebelumnya. Beragam cara dapat Anda lakukan untuk menabung setiap bulannya, seperti mengurangi kebiasaan makan/jajan diluar, mengurangi merokok bagi perokok dan banyak cara lainnya yang mungkin lebih Anda ketahui dalam kebiasaan sehari-hari Anda, sehingga dapat disisihkan uang setiap bulannya.

5.    Berburu Tiket Promo
Salah satu biaya yang cukup merogoh dalam kocek Anda adalah biaya tiket pesawat. Untuk biaya tiket pesawat dapat Anda minimalisir dengan cara berburu tiket promo. Tidak jarang maskapai penerbangan low cost berlomba memberikan tiket promo hingga free seat alias gratis. Anda harus memesan jauh hari sebelum hari keberangkatan, saya sendiri biasa memesan 6 bulan sampai 1 tahun sebelumnya hingga dapat harga yang cukup wah bagi kantong. Bayangkan harga tiket penerbangan yang pernah saya dapat untuk keliling antar negara ASEAN (Jakarta, Singapura, Bangkok, Phuket, Kuala Lumpur, Jakarta) sekitar Rp. 1.5 jt untuk 5 (lima) tiket penerbangan, lebih murah dibandingkan Anda memesan satu hingga dua bulan sebelum berangkat.

6.    Minimalisasi Tempat Menginap
Banyak beragam pilihan yang dapat dijadikan tempat untuk menginap selama diperjalanan, mulai dari kelas hotel berbintang dengan rate jutaan per malam hingga hotel tanpa bintang atau sekelas melati dengan harga lebih terjangkau. Bagi Anda yang belum berkeluarga dan memiliki anggaran terbatas pilihan lain yang lebih murah dan terjangkau seperti hostel atau guest house dengan tipe kamar seperti asrama/dormitory dengan beberapa tempat tidur dalam satu kamar dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Selain harga lebih terjangkau keuntungan lainnya adalah banyak teman baru dari berbagai negara dapat menjadi kenalan dan cobalah untuk memesan kamar di langsung dari situs khusus pemesanan kamar hotel karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah. Apabila kelas hostel dan guest house masih memberatkan pengeluarkan Anda cobalah untuk mencari tumpangan untuk menginap dengan menjadi anggota di situs  Couchsurfing dimana anggotanya tersebar di berbagai negara dunia dan dapat dijadikan host/tempat menginap. Atau dengan cara lebih cheapskate adalah dengan menginap di tempat umum seperti bandara, ferry terminal.

7.    Transportasi Umum
Apabila Anda berpergian ke banyak tempat sangatlah dianjurkan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta. Di beberapa negara menyediakan tiket day pass dengan pilihan untuk beberapa hari. Selain harga lebih terjangkau naik transportasi umum lebih mendekatkan kita dengan budaya/kebiasaan penduduk lokal. 





No comments:

Post a Comment