8 Cara Asik Menunggu di Bandara Changi Singapura

Transit menjadi kegiatan biasa bagi saya yang notabennya menggunakan penerbangan Low Cost Carrier (LCC) hingga harus menunggu penerbangan selanjutnya dalam hitungan jam lamanya, termaksud di Bandara Changi Singapura. Momok yang paling manakutkan adalah mau ngapain aja menunggu berjam-jam lamanya di Bandara? 

Tapi Bandara Changi yang merupakan salah satu bandara tersibuk yang gemar *pamer susu dalam hal penerbangan antar maskapai, selalu dijejaki wisatawan yang hendak berplesiran ke Singapura atau sekedar transit.

Sebagai bandara peringkat nomor satu terbaik dunia yang menyabet gelar tiga kali berturut-turut (2013 s/d 2015) Changi mempunyai berbagai macam fasilitas yang dapat memanjakan para wisatawan yang datang atau sekedar transit di Singapura, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika menunggu di Bandara Changi - Singapura.

1. Singapore City Tour
Bagi anda yang kebetulan menunggu lama di Bandara Changi lebih dari lima setengah jam lamanya. Cobalah untuk menikmati city tour yang disediakan secara gratis, ada dua macam tour yang dapat anda pilih yaitu tur warisan budaya dan melihat keindahan kota Singapura di malam hari.

Untuk tur warisan budaya anda akan diajak berkeliling mulai dari distrik kolonial/bangunan bergaya kolonial seperti Galeri Nasional Singapura, patung singa Merlion di Merlion Park, ChinaTown, Little India dan Kampong Glam. 

Tur melihat keindahan malam kota Singapura Anda akan mengunjungi berbagai tempat menarik seperti Singapura Flyer, The Esplanade, Marina Bay Financial Centre, Merlion Park, Marina Bay Sand dan Garden by the Bay berupa pohon buatan berukuran besar dihiasi lampu warna warni.

Tour gratis ini diadakan empat kali setiap hari nya, dengan pilihan waktu yang dapat anda sesuaikan dengan penerbangan anda berikutnya.


Patung Singa Merlion di Merlion Park
Singpore Flyer, Art Science Museum dan Marina Bay Sand merupakan jejeran bangunan ikonik baru di Singapura
Garden by the Bay dihiasi lampu warna warni pada malam hari
Marina Bay Sand sebagai bangunan ikonik baru di Singapura

2. Kursi Pijat
Sepertinya pengelola bandara Changi tahu benar bagaimana memanjakan penumpang yang baru saja turun dari pesawat, duduk lama selama beberapa jam terkadang membuat kaki pegal, muka kusut, perut lapar dan efek negatif lainnya. Ketika keluar dari pesawat di sepanjang koridor bandara banyak terdapat kursi pijat yang dapat digunakan secara cuma-cuma, langsung saja duduk manis dan atur tingkat pijatan yang diinginkan apakah ingin telapak kakinya saja, jari-jari kaki, atau mata kaki tinggal pilih dan rasakan kenyamanannya. Dijamin kaki jadi segar kembali dan siap untuk diajak keluar masuk berbagai toko untuk berbelanja.


Pijat kaki dulu sehabis landing di Bandara Changi
Kursi pijat gratis yang bisa digunakan selama menunggu di Bandara Changi
3. Taman Indoor
Bosan dengan pemandangan jejeran toko layaknya mall ketika berada di Bandara Changi, apalagi tujuannya bukan untuk shopping spree hanya sekedar transit, cobalah mampir ke taman yang berada di dalam bandara. Bunga bunga penuh warna menghiasi taman ditambah kolam ikan koi di tengah taman menambah kesan asri layaknya taman yang sering kita jumpai di di luar ruangan. Dijamin rasa jenuh anda akan hilang seketika ketika melihat taman penuh warna.


Taman Indoor
4. Area Melukis 
Selain memanjakan dengan berbagai fasilitas khusus untuk orang dewasa, Bandara Changi tidak melupakan anak-anak sebagai second target agar betah berlama-lama. Mungkin tujuannya agar sang anak yang dibawa oleh orang tua tidak merengek merepotkan ketika orang tua sedang asik berbelanja. Bagi anda yang kebetulan membawa anak-anak jangan khawatir jika anak anda menangis atau merengek minta sesuatu, cobalah ajak anak anda ke sebuah meja panjang. Belajar menggambar sekaligus bermain, sudah disediakan kertas, krayon beraneka warna, dan papan gambar yang dapat digunakan secara cuma-cuma.
Meja Gambar Khusus Anak
5. Nonton Bareng (NoBar)
Fasilitas satu ini sepertinya diperuntukan atau lebih tepatnya sangat cocok jika ada acara akbar seperti piala dunia, dengan layar besar dan beberapa kursi santai para pengunjung di tawarkan tontonan acara olah raga seperti sepak bola.


Nonton Bareng ala Bandara Changi Singapura
6. Dancing Rain Drop
Salah satu hiburan favorit saya ketika membuang waktu saat menunggu di Bandara Changi menjadi sangat menyenangkan untuk di tonton, rain drop seperti namanya 'tetesan hujan' mungkin penciptanya terinspirasi membuatnya pada saat menunggu hujan reda, terdiri dari gugusan benda berwana perunggu berbentuk seperti tetesan air menggantung dengan seutas tali terikat pada langit-langit. Seperti pasukan pengibar bendera, tetesan tersebut bertransformasi menjadi berbagai macam bentuk, seperti gelombang, pesawat dan berbagai macam bentuk abstrak lainnya sambil diiringi musik yang mengalun. 


     Kinektik Rain Drop (credit pict: here)

7. Kolam Renang.
Bukan Changi namanya jika tidak menghadirkan bermacam fasilitas yang begitu memanjakan para wisatawan. Salah satu fasilitas yang bisa anda coba ketika berada di Changi adalah sebuah kolam renang outdoor. Layaknya sebuah hotel, Changi menyediakan kolam renang bagi mereka yang ingin merenggangkan tubuh sambil bermain air. Sayangnya tidak gratis untuk menikmati fasilitas ini, dikenakan sekitar SGD$13.


Kolam Renang Outdoor di Bandara Changi (credit pict : here)
8. WiFi Free
Bandara Changi sebagai bandara bertaraf internasional nomor satu di dunia, memiliki koneksi jaringan nirkabel (WiFi) dengan kecepatan diatas rata-rata, membuat anda betah duduk seharian sambil berselancar di situs yang anda sukai.

Jadi buat kalian yang hendak berkunjung atau akan transit di Bandara Changi Singapura tidak perlu pusing lagi memikirkan lamanya waktu menunggu, karena banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuang rasa jenuh ketika menunggu khususnya di Bandara Changi - Singapura.

*Pamer Susu (Padat Merayap Susul Menyusul)

No comments:

Post a Comment